Sabtu, 29 Juni 2013

FLUKS MEDAN LISTRIK


  1. Fluks Medan Listrik
Fluks ( Φ ) adalah sebuah sifat dari semua medan Vektor. Fluks diturunkan dari kata latin ” Fluere ”(mengalir). Untuk permukaan tertutup didalam sebuah medan listrik, bahwa ΦE adalah Positif jika garis – garis gaya yanng menuju keluar dan negatif jika garis – garis gaya yang menuju ke dalam.
Permukaan di bagi – bagi menjadi segi empat kuadratis ΔS yang masing – masing cukup kecil sehingga dapat di anggap sebagai bidang datar. Elemen luas dapat dinyatakan sebagai sebuah vektor ΔS, yang besarnya menyatakan luas ΔS ; arah ΔS di ambil normal.
Sebuah definisi setengah kuantitatip mengenai fluks adalah :
ΦE = Є t . ΔS
          Satuan SI yang sesuai untuk ΦE adalah Newton meter² atau Coloumb ( N.m²/c).
  1. Hukum Coulomb
Pengertian hukum Coulomb adalah Gaya tarik atau gaya tolak dua benda yang bermuatan listrik berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya dan berbanding lurus dengan besar masing-masing muatan.Ditemukan oleh Charles Coulomb (1736 – 1806), dia mempelajarinya dengan menggunakan timbangan puntir hasil penemuannya. Untuk menyempurnakan penemuannya Coulomb menggunkan cara Induksi untuk memperoleh muatan dan mevariasikan besarnya muatan, sebagai contoh dari percobaan Coulomb, mula – mula muatan pada setiap bola sebesar Q0, besarnya muatan tersebut dapat dikurangi menjadi ½ Q0 dengan cara membumikan salah satu bola tersebut agar muatannya terlepas dan kemudian kedua bola dikontakkan kembali                                                            F = Kq1 . q2
                   
          F = Gaya (N)
          K = Konstanta, 8,99 X 109 N. m²/C²
          Q = Muatan ( C )
          R = Jarak ( m )
  1. Hukum Gaus
Hukum gaus adalah fluks listrik yang menembus suatu permukaan tertutup sama dengan jumlah muatan tertutup sama dengan jumlah muatan listrik yang dilingkupi oleh permukaan tertutup itu dibagi dengan permitivitas udara.
Persamaan Hukum Gauss
     Φ net = Є E A cos θ = q / Єo
                   Untuk kuat medan liastrik
          Φ net =  Є E A cos θ = 4π r² E E = q / 4π r² = K. q/ r²

Tidak ada komentar:

Posting Komentar